Beranda | Artikel
Bermuamalah dengan Jujur, Amanah dan Selalu Memberi Nasihat
Selasa, 24 Juli 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Bermuamalah Jujur, Amanah dan Selalu Memberi Nasihat yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. dalam pembahasan Kitab “Al-Ishbah fi Bayani Manhajis Salaf fi Tarbiyah wal Ishlah” karya Syaikh Abdullah bin Shalih Al-‘Ubailan hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada 5 Dzul Qa’idah 1439 H / 19 Juli 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Ciri-Ciri Ahlul Bid’ah Bagian 2

Kajian Islam Tentang Bermuamalah Jujur, Amanah dan Selalu Memberi Nasihat – Kitab Al-Ishbah

Diantara manhaj ahlussunnah wal jama’ah adalah bermuamalah dengan tiga sifat ini. Yaitu dengan kejujuran, amanah dan nasihat. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَيَقُولُونَ طَاعَةٌ فَإِذَا بَرَزُوا مِنْ عِندِكَ بَيَّتَ طَائِفَةٌ مِّنْهُمْ غَيْرَ الَّذِي تَقُولُ ۖ وَاللَّـهُ يَكْتُبُ مَا يُبَيِّتُونَ ۖ فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّـهِ ۚ وَكَفَىٰ بِاللَّـهِ وَكِيلًا ﴿٨١﴾

Dan mereka (orang-orang munafik) mengatakan: “(Kewajiban kami hanyalah) taat”. Tetapi apabila mereka telah pergi dari sisimu, sebahagian dari mereka mengatur siasat di malam hari (mengambil keputusan) lain dari yang telah mereka katakan tadi. Allah menulis siasat yang mereka atur di malam hari itu, maka berpalinglah kamu dari mereka dan tawakallah kepada Allah. Cukuplah Allah menjadi Pelindung.” (QS. An-Nisa`[4]: 81)

Allah mengatakan demikian dalam rangka menghibur Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Juga memberikan ancaman kepada mereka orang-orang munafik yang mengatur siasat yang buruk. Mereka memiliki dua wajah. Dan mereka adalah seburuk-buruk manusia. Allah subhanahu wa ta’ala menjelaskan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bahwa ada diantara manusia yang batinnya kafir namun dzahirnya menampakkan keimanan.

Diantara yang bisa kita ambil dari ayat yang mulia ini adalah peringatan dari sifat kemunafikan. Juga tentang batilnya taqiyyah. Taqiyyah adalah agama orang-orang Syiah. Ketika mereka dihadapan kaum muslimin, mereka menggunakan taqiyyah. Mereka berkata, “kami bersama kalian, kami tidak ada perbedaan dengan kalian”. Tapi pada dasarnya mereka sedang bertaqiyyah. Dibelakang kaum mukminin, mereka mencela para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hal ini karena mereka takut jika aqidahnya yang rusak itu ketahuan.

Simak Kajian Lengkapnya dan Download MP3 Ceramah Agama Tentang Bermuamalah Jujur, Amanah dan Selalu Memberi Nasihat – Kitab Al-Ishbah


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/31644-bermuamalah-dengan-jujur-amanah-dan-selalu-memberi-nasihat/